Mengapa Harus Melancarkan Iklan Politik di Medsos?

22
Des 2022
Kategori : Tips & Trick
Penulis : admin
Dilihat :95x

Sebagai media komunikasi terbaru yang memfasilitasi ruang untuk melancarkan iklan politik, media sosial (medsos) memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari media tradisional.

Sebagaimana media massa, secara praktis, tidak ada batasan berapa banyak platform medsos yang eksis.

Namun dalam praktiknya, ada beberapa platform utama yang mendominasi di Indonesia, yakni Facebook (dan anak perusahaannya WhatsApp dan Instagram), Google (dan anak perusahaannya YouTube), Twitter, dan yang sedang tren Tiktok.

Instrumen terpenting medsos ketimbang media massa dari sisi kampanye politik adalah fasilitas “penargetan mikro”.

Penargetan mikro adalah strategi pemasaran yang menggunakan data orang perorang yang dikelompokan dalam grup kecil untuk penargetan konten.

Data apa yang dimaksud? Luar biasa banyaknya, seperti isu apa yang menarik perhatian mereka, dengan siapa mereka terhubung, bagaimana demografi mereka, apa yang biasa mereka beli, dan masih banyak lagi

Praktik “penargetan mikro” adalah kunci untuk melaksanakan iklan politik bertarget.

Bagaimana ilustrasinya? Misalnya, jika Anda adalah politisi kelahiran Jakarta Selatan yang menjadikan perburuhan sebagai isu kampanye Anda.

Maka Anda bisa mengontol agar iklan politik Anda hanya akan dilihat oleh masyarakat Jakarta Selatan, yang berusia 18 tahun ke atas, dan berlatar belakang buruh, atau konsern pada isu perburuhan.

Kontrol ini tidak akan Anda dapatkan jika memasang iklan di media tradisional, bahkan dengan memasang spanduk, baliho atau billboard di simpang jalan yang ramai sekalipun.

Pendek kata, iklan politik bertarget memungkinkan kampanye yang lebih sempit, dengan anggaran terbatas untuk menjangkau pemilih.

Tersebab, iklan medsos cenderung jauh lebih murah ketimbang iklan media online, media cetak, radio dan apalagi TV.

Praktik ini juga memungkinkan Anda untuk fokus pada isu-isu nyata dan spesifik yang penting bagi konstituen potensial, berlawanan dengan pesan yang lebih samar dan umum yang cenderung ditampilkan di media tradisional.

Dan keunggulan-keunggulan iklan politik bertarget ini pada akhirnya dapat meningkatkan keterlibatan dan jumlah pemilih Anda.

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar